xxx

Toko Kelontong Haikal, Pondok Cabe

Toko Kelontong merupakan suatu ekosistem yang cukup lengkap pada industri retail mulai dari brand produk, distributor sampai ke konsumen, yang semuanya di “integrasikan” oleh Toko Kelontong, maka dari itu Toko Kelontong harus mampu bersaing dengan Toko Modern mengingat pertumbuhannya agak terhambat akibat banyaknya Toko Modern yang memiliki akses lebih baik.

Sekitar di bulan Juli 2016 tim Etalastic bertemu dengan Bu Intan, pemilik Toko Kelontong bernama Toko Haikal di daerah Pondok Cabe, Jakarta Selatan.

Terlihat toko sederhana di jalanan yang tidak terlalu ramai, kebetulan sekali saat itu datang salah satu suppliernya yang mengirimkan galon air mineral dan Gas 3 kg

S__92651552

Menurut Bu Intan, toko yang sudah berdiri lebih dari 20 tahun ini penghasilannya memang cukup menurun dibandingkan beberapa tahun silam, faktornya adalah karena persaingan baik Toko Kelontong lainnya maupun dengan modern retail yang dari segi kenyamanan memang lebih baik.

Di Sekitaran Toko Haikal ini memang cukup sepi jalanannya dan pembelinya pun selama kami sekitar 2 jam disana tidak banyak, hanya ada 1-2 orang membeli permen dan telur saja, namun yang cukup mengejutkan adalah penghasilan Toko Haikal ini sekitar 2 juta-an  perhari, kemungkinan ini juga karena Toko Haikal menerima delivery service untuk ke beberapa konsumennya hanya dengan order melalui men-telepon atau pun sms.

S__90931211

S__90931215

Penghasilan tersebut hanya perkiraan saja, bu Intan tidak tahu pasti, hal ini yang dialami mayoritas Toko Kelontong di Indonesia, dan terjadinya karena tidak memiliki sistem yang memberikan informasi mengenai kondisi bisnis dari Toko Kelontong tersebut.

Bahkan saat kami ingin melihat laporan pencatatan dalam penjualannya seperti apa, ibu tersebut mengatakan bahwa tidak pernah di catat, dan mengandalkan ingatan saja.

Padahal mengetahui kondisi bisnis usaha yang dijalankan merupakan hal paling penting yang harus dimiliki pelaku usaha, namun memang banyak yang belum menyadari hal itu, atau mungkin menyadari tapi tidak menjalankannya dikarenakan beberapa hambatan.

WhatsApp-Image-20160720 (1)

Kami pun mencoba menanyakan kebutuhan Toko Haikal untuk melakukan pencatatan penjualan, stok dll, beliau pun membenarkan adanya kebutuhan memiliki sebuah tools untuk membantu usahanya dalam menyediakan laporan penjualan, stok dan lainnya.

Kendala yang cukup menjadi prioritas Toko Haikal adalah saat mengajukan untuk pembuatan software yang dapat menjadi laporan kondisi bisnis nya adalah di biaya. Dimana beberapa kenalan nya mentarifkan harga sekitar 15-20 juta untuk pembuatannya, belum dengan maintenance yang perlu dilakukan dan hal lain seperti kendala menggunakan software tersebut.

Bu Intan menuturkan bahwa beliau pun ingin sekali tetap berdagang namun dia bisa mengontrol nya dari rumah, tapi saat ini belum ada alat sederhana yang dapat memberikan informasi keadaan toko secara langsung ke pemilik.

Laporan Kondisi Bisnis yang dimiliki juga sangat diperlukan untuk expansi usaha dengan pinjaman modal kerja, karena pihak pemberi modal membutuhkan gambaran bisnis usaha tersebut sebelum mengverifikasi untuk pemberian modal kerja itu.

Kebanyakan juga pelaku usaha tidak mau mengajukan pinjaman modal kerja karena beberapa hal, seperti yang diutarakan oleh Bu Intan :

  • Tidak memiliki laporan keuangan yang proper
  • Tidak mengetahui secara persis kebutuhan modal yang diperlukan
  • Pinjaman modal yang diberikan tidak sesuai (lebih sedikit) dari yang dibutuhkan
  • Sulitnya syarat administrasi yang diberikan oleh pihak pemberi modal

Selain untuk mencatat berjualan ada kendala lain yang perlu diperhatikan di Toko Kelontong, yaitu sistem peng-orderan barang dari supplier yang umumnya sekarang dilakukan.

Yang sekarang umum dilakukan untuk meng-order produk ke supplier dilakukan beberapa hal, yaitu :

  • Salesman yang datang menawarkan produk
  • Mendatangi Agen-agen besar yang lokasinya tidak cukup banyak
  • Menelepon Agen-agen tertentu

Hal ini juga menjadi kendala karena Toko Kelontong  perlu effort lebih untuk melakukan order produk, belum lagi jika harus di setujui atau tidaknya produk yang di order oleh Toko Kelontong.

Minimnya info mengenai produk ini juga menghambat Toko Kelontong untuk mengetahui informasi promo mengenai produk yang dimana Toko Modern lebih punya akses untuk promo produk produk tertentu, sehingga Toko Modern terkadang selain dengan kenyamanan yang diberikan mereka bisa juga menjual produk dengan harga yang lebih murah ataupun dengan bonus-bonus tertentu.

Dapat disimpulkan bahwa kendala-kendala yang dihadapi bu Intan ini mewakili mayoritas Toko Kelontong di Indonesia, kendala-kendala tersebut adalah :

  • Keterbatasasn teknologi untuk mengetahui kondisi bisnis tokonya, baik dari segi keuangan, keadaan inventory dan stoknya, sampai ke informasi mengenai staf-stafnya.
  • Sulitnya akses untuk order barang ke distributor, bu Intan dan suaminya terkadang harus mengambil barang tertentu ke agen besar yang cukup jauh lokasinya, belum lagi untuk barang-barang tertentu harus menunggu salesman.
  • Promo dari produk-produk tertentu yang berubah-ubah dan kurang informatif, serta sulitnya mendapatkan insentif dari promo produk-produk tersebut, sehingga tidak maksimal untuk meningkatkan penjualan.
  • Modal Kerja yang cukup sulit di dapat dan tidak sesuai kebutuhan, akibat Laporan Keuangan yang tidak proper atau bahkan malah tidak di catat, hal ini juga menghambat Toko Haikal ini untuk berkembang.

Sebagai tambahan informasi bahwa Bu Intan ini sama seperti toko kelontong lain yang pernah kami survey, mereka sudah memiliki smartphone berbasis android. Lalu kami pun mencoba menawarkan solusi dari ke 4 (empat) masalah yang dihadapi tersebut.S__90931210

kami coba menginformasikan dan men-demokan beberapa fitur yang dimiliki Etalastic, mulai dari registrasi produk, order produk ke distributor, mengetahui promo-promo , pencatatan laporan keuangan, stok dan lain-lain sampai ke laporan tersebut dijadikan salah satu dokumen penting untuk mengajukan pinjaman modal kerja.

Bu Intan mengutarakan bahwa dia sangat membutuhkan aplikasi seperti ini, dimana selain memberikan solusi untuk ke empat kendala tersebut aplikasi Etalastic ini sangat user friendly dan tidak di kenakan Biaya atau Gratis.

 

September 6, 2016 7:04 am Published by Leave your thoughts Tags:, , , ,

Categorised in:

This post was written by Rachmat Anggara